Jaga Kesehatan Mental Anak Kalian Dengan Ini!

Saat masih anak – anak, pertumbuhan yang sehat bukan Cuma ditandai oleh perubahan fisik tapi juga disertai dengan perkembangan mental mereka. Baik kesehatan fisik serta mental memang dibutuhkan oleh anak untuk menjalani kehidupan remaja sampai dengan deasa. Walau begitu, namun kebutuhan mental anak biasanya susah dipahami dan mungkin saja dilewatkan begitu saja oleh orangtua saat mereka mengasuh anak. Kesehatan mental ini bukan Cuma diartikan sebagai penyakit saja namun juga berpikir secara jernih, bersosialisasi, sampai dengan mengendalikan emosi. Anak yang punya kesehatan mental yang baik biasanya akan punya karakter yang positif. Lalu, bagaimana sih cara menjaga kesehatan mental anak?

1. Ajari Untuk Nikmati Proses

Ajari Untuk Nikmati Proses

Ajarilah anak kalian untuk paham kalau kemenangan atau mencapai tujuan bukanlah segalanya dan menikmati proses merupakan hal paling penting dalam mengerjakan sesuatu. Di saat anak mengikuti pertandingan atau bermain permainan olahraga, tanyakanlah perasaan mereka saat bermain dan jangan tanyakan apakah mereka menang. Karena, hal ini secara tidak langsung akan memicu ketakutan akan kalah atau khawatir dalam mencoba hal yang baru loh. Mereka bisa jadi frustasi karenanya.

2. Bangun Percaya Diri

Bangun Percaya Diri

Hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh orangtua agar mendorong anak belajar serta terus mencoba berbagai hal yang baru. ini juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya memuji saat mereka belajar hal baru. ajari pula mereka cara untuk belajar dalam kelompok dan jangan berikan ucapan, sikap, maupun perilaku yang membuat mereka tak mau mencoba lagi saat mereka mengalami kegagalan.

3. Dorong Untuk Bersosialisasi

Dorong Untuk Bersosialisasi

Selain bermain dengan orangtuanya, anak – anak juga butuh interaksi bersama dengan anak seusia mereka. Bermain bersama teman sebaya mereka akan membantu mereka kenal dengan kelemahan serta kelebihan mereka. Mereka juga akan belajar hidup berdampingan dengan orang lain. bertemu dengan teman bermain bisa membuat mereka lebih kenal lingkungan sekitar. Di sekolah juga mereka akan lebih mudah mendapatkan teman.

4. Disiplin, Adil, Konsisten

Disiplin, Adil, Konsisten

Selain butuh diberikan kesempatan untuk belajar berbagai hal yang baru serta hidup dengan mandiri, mereka juga harus tahu beberapa perilaku yang tak boleh dilakukan serta bahwa mereka akan menerima konsekuensi kalau melakukan hal itu. Menasehati serta memberikan mereka contoh merupakan hal yang paling baik untuk menerapkan perilaku disiplin dengan dasar kebaikan, nilai agama, ataupun norma sosial.

5. Biarkan Anak Bermain

Biarkan Anak Bermain

Untuk anak – anak, bermain Cuma waktu untuk bersenang – senang saja. Padahal, sebenarnya waktu terssebut juga merupakan saat anak mempelajari berbagai hal. Saat sedang bermain, anak juga akan terbantu untuk menjadi kreatid, belajar bagaimana cara memecahkan masalah, serta bagaimana mengendalikan diri sendiri. Bermain dengan aktif juga bisa membantu kesehatan mental serta fisik mereka loh.

Itulah bagaimana cara memperhatikan kesehatan mental anak kita. semoga bermanfaat.